Hai..selamat datang di blog saya,di blog yang berjudul KITA BISA ini anda akan menemukan beberapa info penting tentang kehidupan. Jadi jangan bosan -bosan daaaaatang kesini ya.. :)

S E M A N G A T !!

Sabtu, 04 Februari 2012

Menumbuhkan Semangat Dalam Diri Kita

Menumbuhkan Semangat Dalam Diri Kita

Dalam hidup ini kita pasti pernah merasakan keterpurukan karena suatu hal yang kita alami. Seperti nyesel karena gagal wawancara kerja, putus cinta, cinta bertepuk sebelah tangan, gebetan atau pacar yang kita sayangin direbut temen sendiri alias ditikam dari belakang dan lain-lain. Namanya juga manusia pasti takkan luput dari kesalahan. Terkadang keterpurukan itu bisa membuat kita sulit untuk bangkit. Gw pernah ngalamin hal-hal yang gw sebutkan di atas itu. Gw juga pernah terpuruk. Nah, ini dia beberapa tips dari gw untuk menumbuhkan kembali semangat dalam diri kita. Cekidot...
1.Menyadari kesalahan
Sama seperti gw, kebanyakan orang ga sadar ketika mereka melakukan kesalahan. Dan akibatnya kita semakin tenggelam dalam kesalahan. Misalnya kita mencintai seorang cewek dan sebagai seorang laki-laki wajar donk kita mengejar dia. Terus kita sms cewek itu tapi jarang dibales palingan kalo dibales cuma singkat doank misalnya “Hi, ***, hari ini sahur pake apa?”, terus dia bales “Nasi” tanpa titik atau embel-embel lainnya seperti tanda titik dua atau tiga biji. Itu berarti dia ga respon sama lo dan itulah saatnya lo jangan pernah lagi sms dia, kecuali hal penting kaya ada nyokapnya temen SMPnya temen SMA lo sakit. Tapi biasanya kita jarang sadar diri mungkin karena kePeDean. Dan untuk itulah diperlukan Self Control alias pengendalian diri alias mengendalikan emosi. Jujur ini yang paling sulit.
2. 2 Self Talk
Mungkin untuk beberapa orang ngomong sendiri atau ngomong sama diri sendiri itu dibilang GILA. Tapi tenang, lo akan dibilang gila jika lo ngomong sendiri dengan suara yang keras, sedangkan self talk itu ngomong dari hati ke hati. Hal ini sangat berguna jika yang lo omongin itu adalah hal-hal yang positif seperti menghibur diri sendiri. Misal “Slow, gw cuma kehilangan orang yang tidak mencintai gw, sedangkan DIA kehilangan orang yang bener-bener cinta sama dia. Yaitu gw”, buat orang yang putus cinta.
Kadang berbicara sama diri sendiri ga memberikan hasil yang positif. Tidak sedikit orang justru malah menyalahkan diri sendiri dan menambah beban kita sendiri. Untuk itu jangan tanya tentang mengapa musibah ini terjadi, kenapa sulit mencari kerja, kenapa biaya pendidikan mahal, mengapa Melinda Dee harus dioperasi lagi, kenapa Jupe sama Depe berantem mulu, kenapa miyabi ga boleh bikin film di indonesia. Jangan pernah menanyakan kenapa atau mengapa. Ganti pertanyaan ini dengan hikmah apa dari setiap masalah atau keterpurukan yang kita alami, mungkin aja Melinda Dee dioperasi biar tambah besar lagi :P, mungkin aja Depe sama Jupe mau bikin acara Smackdown Indonesia :p, atau apalah yang penting jangan apa, kenapa, mengapa.
Kadang kesombongan juga diperlukan di point ini. tapi jangan banyak-banyak, takutnya malah jadi takabur.
3.3 Positive thinking
Ini yang paling penting. Buang jauh-jauh pikiran negatif dari otak lo dan terus berpikir positif supaya lo ga terus tenggelam dalam situasi itu.
4. 4Cari tempat curhat
Curhat itu penting supaya beban yang kita pikul bisa berkurang. Tapi jangan pernah sekali-kali curhat di jejaring sosial kaya facebook atau twitter. Berdasarkan pengalaman gw, curhat di status fb atau ngetwit di twitter bisa bikin lo tambah down karena lo pasti dicap labil atau galauers dan dicengin sama temen-temen lo yang ga tau masalah yang menimpa lo. Biasanya saat-saat seperti ini keluarga (kakak atau orang yang lebih tua) atau teman akrab pasti lebih membantu dan bisa menyupport kita. Selain curhat sama orang terdekat lo bisa juga curhat di blog karena siapa tau lo bisa beruntung jadi penulis kaya Raditya Dika, dkk. Satu tips lagi tentang curhat, kadang curhat sama orang yang kita ga kenal atau baru ketemu juga berguna. Tapi liat-liat dulu orangnya.
5. 5Berkumpul bersama teman atau melakukan kegiatan positif yang kalian sukai
Dengan kata lain bersenang-senanglah, jangan terus terpuruk dalam penyesalan atau kesedihan. Kalo lo suka main futsal ajak temen-temen lo main, ajak gw juga dan bayarin :P. Kalo lo suka main CS bermainlah dan luapkan kekesalan lo disana. Kalo lo suka melukis atau menggambar lakukanlah. Kalo lo suka bernyanyi nyanyilah sekeras-kerasnya. Kalo lo suka musik dengarkanlah musik favorit lo. Menurut gw musik juga dapat membantu kita menaikkan moral. Pokoknya lakukan apa aja yang lo sukain, siapa tau itu jadi hal positif buat lo.
6. 6 Berdo’a
Jangan lupa berdo’a dan bersyukur kepada Allah karena apapun yang terjadi semua itu atas kehendak Allah. Kalo selama ini lo terus berdoa memohon atau meminta sesuatu tapi belum dikabulkan sama Allah jangan patah semangat, mungkin Allah belum memberi apa yang kita minta, tapi dia selalu memberi apa yang kita butuhkan.
Demikianlah sedikit tips dari gw supaya kita terus semangat dalam hidup. Jangan pernah menyerah dalam menghadapi segala cobaan hidup yang diberikan oleh Allah. Dalam hidup ini pasti ada kesulitan. Karena cuma seorang pengecut yang selalu mengharapkan hidupnya selalu sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar